Latest Entries »

Pembicara : Tere Liye

Buku : Hafalan Shalat Delisa (fiksi, novel)

Tere Liye adalah nama pena dari seorang dosen yang juga bekerja sebagai konsultan akutansi yang bernama asli Darwis. Banyak banget hal menarik yang betul-betul baru tentang apa dan bagaimana kesederhanaan hidup itu sebenarnya. Acara yang barusan ini, namanya doang yang bedah buku. tapi aslinya malah kayak ceramah atau seminar motivasi. Isi ‘ceramahnya’ tapi sama sekali tidak membosankan dan sangat profokatif dari apa yang disiratkan dari pembicara maupun dari tulisan berupa novel-novel Tere Liye itu sendiri.

Selama acara berlangsung, saya hanya sempat mencatat garis-garis besarnya saja yang hanya berupa poin-poin penting yang mungkin agak sulit kalau dijelaskan bukan oleh pembicaranya secara langsung. well, these are the points:

– Hidup itu terlalu kecil untuk dibanggakan. ada bermilyar-milyar manusia yang hidup sekarang ini, dan lebih banyak lagi populasi di dunia sejak nabi Adam diciptakan di muka bumi ini dan hampir semuanya tidak ada yang memperdulikan ‘dirimu’. Kita mungkin bisa menjadi direktur di sebuah perusahaan besar di Indonesia, tapi lantas apakah berjuta-juta orang di negara lain peduli dengan kita?

kita tidak sepatutnya mengorbankan kemuliaan hanya dengan berbangga diri yang tidak dipedulikan oleh orang lain. Pertanyaannya, apakah sahabat-sahabat Rasulullah SAW. lantas tidak lebih mulia dibandingkan direktur atau presiden yang menjabat pemerintahan yang dipenuhi dengan korupt pada saat ini? jawabannya, Tidak. Sang Sahabat, dibalik segala kesederhanaan dan kejujuran hidupnya, justru jauh lebih mulia di ‘mata’ Sang Maha Melihat.

– Tidak perlu menjadi presiden dan direktur untuk melakukan hal-hal yang baik di muka bumi ini. Kebaikan itu ada dimana-mana. Kebaikan itu muncul hanya karena ada niat, bukan karena ada kesempatan. Lakukanlah! Lakukanlah!

– Kemuliaan seseorang tidak pernah dilihat dari tampilan fisik.

– Pilihlah rasa takut yang betul-betul hakiki. Rasa takut itu perlu, dan rasa takut tidak datang dari orang lain.

– Rasa bahagia yang paling hakiki datang dari diri sendiri. Tidak perlu meminta pendapat orang lain tentang arti kebahagiaan yang kita cari.

– Jujur adalah segala-galanya, walaupun hal itu adalah pahit.

– Sederhana itu dekat sekali dengan ketulusan.

– Kita itu terlalu sibuk untuk berdebat dan bertanya. Padahal yang kita butuhkan itu hanyalah penjelasan dan mengerti.

– Idealisme itu berarti mempunyai pendapatan yang tidak terkait dengan sistem apapun, dan jangan pernah mau diperintah oleh ‘siapapun’. Seseorang akan sulit untuk menggapai idealismenya jika seseorang tersebut masih ‘butuh’ dengan orang lain.

– Pemahaman yang baik adalah sangat berharga dan sangat penting untuk dijaga. Syukurilah ilmu dan pemahaman yang baik agar kita dapat memperoleh kebahagiaan dan keberkahan atas ilmu yang berharga.

Sabtu, 3 April 2010, Theater A, ITS, Surabaya.

Ini Tips Buat semua kalangan yang penasaran gimana cara belajar yang efektif.

1.Hari pertama sekolah atau kuliah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya atau diktat kuliah untuk pertemuan selanjutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3. Beberapa temanmu merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya!

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa temanmu di Australia yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

“A journey of a thousand miles must begin with a single step” – Laotzu –

Saat ini kita hidup di masa dimana perubahan besar terus terjadi. Baru kemarin rasanya kita mendengar istilah GSM, CDMA. dan sekarang telah muncul 3G. Teknologi dan pengetahuan terus berkembang pesat, kebutuhan manusiapun berkembang semakin kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan manusia yang menjadikan pembelajaran sebagai mekanisme untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Pengembangan fleksibilitas dan pencarian perusahaan sebagai organisasi pembelajaran akan membantu kita belajar melalui kehidupan kita sendiri.

Pengembangan Fleksibilitas

Telah disebutkan diatas bahwa pembelajaran seumur hidup memerlukan fleksibilitas, sebuah sikap yang mengajari bagaimana mengatasi tantangan perubahan, baik itu di kampus maupun di dunia kerja. Fleksibilitas akan membantu kita untuk mampu melakukan hal-hal sbb:

  • Merespon perubahan dengan antisipasi, bukan dengan ketakutan
  • Dapat mengatur kehidupan kita sendiri
  • Melihat diri sendiri sebagai bagian dari suatu perubahan yang besar
  • Menerima bahwa kita mungkin akan mengganti pekerjaan beberapa kali dalam hidup kita
  • Menerima bahwa pengaruh ekonomi akan membuat kita terpaksa berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain
  • Organisasi Sebagai Media Pembelajaran

    Carilah kesempatan yang baik bagi kita selepas lulus kuliah untuk menjadi bagian dari organisasi perusahaan yang sangat menyadari pentingnya kebutuhan pembelajaran seumur hidup. Organisasi perusahaan seperti ini biasanya sangat dinamis, sangat menyukai perubahan, dan menyediakan lingkungan untuk setiap individu untuk berimprovisasi terhadap sesuatu yang baru. Organisasi seperti ini akan memfasilitasi kita untuk mampu menguasai perubahan dan menjadi pembelajar yang fleksibel. Hal ini akan membuat kita dapat mengubah fokus dari apa yang kita pelajari menjadi bagaimana kita mempelajarinya.

    Kita dapat mencari kesempatan ini dari awal dengan magang di perusahaan yang memiliki kaitan bidang studi kuliah kita. Kita akan merasakan perbedaan besar antara dunia perkuliahan dan dunia kerja. Lambat laun, kita akan dapat menyesuaikan diri, sehingga hal ini akan mempermudah kita mengatasi perubahan yang akan kita rasakan setelah lulus kuliah.

    Menjadi Pembelajar Strategis

    Pembelajar strategis berarti kita mempelajari sesuatu secara fokus dan mampu belajar di setiap situasi untuk membantu kita mencapai tujuan. Berpikir strategis tidak berarti kita harus belajar sesuai dengan mata kuliah yang diambil, tetapi mempelajari terus menerus apa yang kita inginkan untuk pelajari dan membuat perencanaan matang tentang apa yang kita pelajari, sehingga kemampuan kita akan terasah seiring berjalannya waktu. Cara belajar seperti ini akan meningkatkan kesuksesan kita di bidang kuliah dan karir.

    Pengembangan Kemampuan dan Sikap Strategis

    Kemauan dan Kesadaran Diri untuk belajar

  • Hargai kemampuan belajar kita dan lihat pengaruhnya pada kesuksesan hidup kita
  • Miliki penghargaan terhadap diri sendiri dan keyakinan diri untuk terus belajar efektif
  • Analisis cara belajar kita, dengan cara ini kita akan menemukan kelebihan kita, sekaligus mampu membantu kita untuk mengurangi kelemahan kita yang ada saat ini
  • Kemampuan untuk Menyelesaikan Tujuan Studi Anda

  • Kembangkan berpikir strategis dan efektif untuk diaplikasikan dalam kuliah kita
  • Sadari bahwa berpikir kritis adalah dasar dari belajar efektif
  • Terima masukan dari pihak lain
  • Gunakan teknologi untuk membantu perkuliahan kita
  • Tahu cara mempersiapkan ujian secara efektif
  • Pengaturan Diri Sendiri

    Untuk terus memantau dan mengatur proses pembelajaran bagi diri sendiri dapat dilakukan dengan cara-cara sbb:

  • Mendefinisikan dengan spesifik tujuan jangka pendek dan jangka panjang kita
  • Evaluasi cara belajar kita terhadap tujuan akhir yang hendak dicapai
  • Persiapan Diri untuk Siap Belajar

    Tumbuhkan Motivasi

    Motivasi adalah kunci untuk mencapai tujuan. Ini memerlukan energi yang tidak pernah habis untuk membantu kita mencpai cita-cita. Bagaimanakah cara untuk membangun motivasi atau membangkitkan kembali motivasi kita ?

  • Luangkan waktu kita untuk merefleksikan apa tujuan hidup yang sangat bermakna bagi kita
  • Buatlah keputusan untuk mengambil satu langkah kedepan menggapai tujuan kita
  • Evaluasi dan selesaikan hambatan apa saja yang mempengaruhi kita
  • Lakukan dan terus lakukan lagi
  • Contohnya, ketika kita harus mengulang suatu mata kuliah yang kita pernah gagal sebelumnya, tentu kita harus menyiapkan strategi khusus untuk menghadapinya. Yang pertama, kita harus berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan mengikuti kuliah itu terus dengan rajin dan serius. Yang kedua, kita harus menuliskan komitmen yang kita inginkan di catatan harian kita.

    Terakhir, kita harus berjanji untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri bila kita lulus mata kuliah ini dengan nilai minimal B. Motivasi kita harus berpusat pada tujuan pengembangan diri menjadi lebih baik, terus meyakini bahwa lulus mata kuliah ini sangat penting bagi kita untuk meneruskan perkuliahan dan mata kuliah yang kita pelajari ini pasti akan berguna setelah kita lulus kuliah nanti.

    Tetapkan Komitmen

    Komitmen akan membuat kita lebih fokus pada tujuan yang akan kita capai. Bila kita menghargai komitmen yang kita buat, maka kita akan membuktikan pada diri kita sendiri dan orang lain bahwa tujuan kita dapat dipercaya. Bagaimana cara untuk membuat dan menjaga komitmen ?

  • Tetapkan komitmen kita secara spesifik dan konkret
  • Mulai sekarang juga dan catat hasil kemajuan kita
  • Perbaharui komitmen kita secara teratur
  • Tetap jaga komitmen kita di jalur yang benar
  • Contohnya, kita akan membuat komitmen : “Saya akan latihan presentasi setiap setengah jam sebelum saya tidur.”  Setelah dua minggu, coba kita evaluasi dampak positif apa yang kita rasakan pada kemampuan presentasi kita sekarang. Kita bisa mendapat dorongan semangat dengan meminta saran kepada teman untuk membantu mengevaluasi kemajuan kita.

    Menetapkan dan menjaga komitmen akan membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan kita. Oleh karena itu, tetapkanlah komitmen kita mulai dari sekarang.

    Bertanggungjawab

    Bertanggungjawab berarti bebas memilih respon apa yang kita kehendaki, walaupun kita tidak dapat bebas memilih konsekuensi yang diambil dari respon kita. Bertanggungjawab jelas memiliki keuntungan, kita akan mendapat kesan yang baik dari orang lain. Ini berarti kita menghasilkan kepercayaan orang lain kepada kita dan ini akan menghasilkan hubungan yang baik yang berdampak pada kesuksesan. Akan menjadi sangat penting untuk membuktikan tanggungjawab yang diberikan dibandingkan hanya mengumbar janji belaka.

  • Menghargai Diri SendiriPrinsip yang kuat akan mengantarkan kita pada pertengahan jalan menuju sukses, sisanya tergantung dari seberapa besar kita mampu untuk menghargai diri sendiri. Untuk itu, diperlukan sikap berpikir positif dan berani bertindak.

    Berpikir Positif

    Kita sesungguhnya memiliki kebebasan memilih reaksi terhadap segala sesuatu yang terjadi atas diri kita. Oleh karena itu, berpikir positiflah terhadap segala sesuatu yang terjadi. Yakinlah bahwa Tuhan selalu memberi yang terbaik bagi kita.

    Berikut ini adalah cara untuk membantu kita untuk berpikir positif :

    1. Hentikan pikiran negatif dan ganti dengan perkataan positif, contohnya bila kita berpikir, “Saya tidak akan dapat menyelesaikannya,” hentikan dan segera berkata pada diri sendiri,” Saya dapat menyelesaikannya dengan baik.”2. Ubah kalimat kita menjadi kalimat yang mengandung pikiran positif.  “Saya sebaiknya” menjadi “saya memilih untuk”.  “Saya akan mencoba” menjadi “saya akan”, kalimat semacam ini akan membuat kita lebih yakin dalam bertindak.

    3. Catat setiap kesuksesan yang kita raih. Walaupun kita merasa belum melakukan yang terbaik, tetap hargai diri kita dengan langkah yang positif. Ini akan membantu kita menghargai dan mensyukuri kesuksesan yang kita raih, sekecil apapun itu.

    Berani Bertindak

    Pikiran positif akan sangat berbahaya bila tidak diimbangi dengan tindakan yang nyata. Hanya berpikir positif akan menenggelamkan kita pada kesuksesan semu dan kita akan larut pada bayang-bayang dunia khayalan kita sendiri. Oleh karena itu, bangkitlah, sirami pikiran positif kita dengan tindakan yang nyata, biarkan pikiran positif kita berkembang menjadi sebuah langkah nyata menuju kesuksesan sejati.

    Berikut ini merupakan tips untuk membuat kita senantiasa bergerak dan bertindak :

  • Buat perencanaan tindakan
  • Bangun norma disiplin Anda sendiri
  • Hargai setiap langkah yang kita ambilProses ini tidak mudah, tapi dengan ini semua, kita akan selangkah lebih dekat dengan tujuan kita.
  • Membuat pilihan untuk mempercayai diri sendiri dan berani bertindak akan menguatkan keyakinan yang kita milki saat ini. Usaha ini akan mempermudah kita untuk membangun hubungan dengan beragam manusia yang akan memperbesar bagian dari dunia kita.

  • Membangun Kemampuan KerjasamaCobalah lihat usaha yang kita lakukan dari awal, hampir sebagian besar usaha itu membutuhkan peran serta dari orang lain. Ini menunjukkan kesuksesan itu juga bergantung pada kemampuan kita untuk membangun kerjasama dengan tim; baik itu untuk berkomunikasi, berbagi tugas, maupun menetapkan visi bersama.

    Tim mengumpulkan kekuatan dari perbedaan yang dimiliki setiap anggota tim. Faktanya, perbedaan adalah aset bagi sebuah tim, karena semakin besar perbedaan yang dimiliki oleh anggota tim, maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan beragam pemikiran baru, dan juga meningkatkan usaha pemecahan masalah.

    Berikut ini adalah strategi untuk memaksimalkan potensi tim kita :

  • Saling bersikap terbuka terhadap setiap pendapat yang muncul
  • Bersikap asertiflah pada saat bertukar pemikiran dan pendapat
  • Terima setiap informasi dan pemikiran yang ditawarkan
  • Kenali diri kita, pilih kontibusi untuk tim kita yang sesuai dengan kelebihan kita
  • Evaluasi setiap pemikiran yang ada berdasarkan situasi yang terjadi, bukan berdasarkan orang yang memiliki pemikiran.
  • Perbedaan adalah tema umum yang berkaitan erat dengan setiap bagian dari hidup kita, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, fokus pada perbedaan adalah salah satu kekuatan untuk membuat kita mampu berubah dari waktu ke waktu.

    Merangkul Perubahan

    Perubahan terus berlangsung dari waktu ke waktu, dan tidak ada cara untuk menghentikan perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah bijak untuk merangkul perubahan itu dengan kesadaran diri dan bertindak aktif, dengan penuh kesadaran akan pilihan yang diambil untuk mengatasi perubahan yang datang ke arah kita.

    Menjadi agen perubahan berarti waspada terhadap tiap perubahan, menyesuikan diri terhadap perubahan itu, bahkan waspada akan perubahan pada diri kita sendiri. Setiap pilihan akan mempengaruhi jalan hidup kita, oleh karena itu, lakukan yang terbaik dengan pilihan yang kita buat.

    “Biarkan kemampuanmu untuk berubah tetap menjagamu dalam perkuliahan dan di dunia karirmu nanti. Ingatlah, sebagai pembelajar seumur hidup, Anda berada dalam tuntutan masa sekarang dan masa depanmu. Buatlah yang terbaik.”

    Referensi: direktorat pendidikan Institut Teknologi Bandung ; Carol, Carter dkk. Keys to College Studying : Lifelong Learning.

    Source: semangatbelajar.com

    Jaya Suprana, seorang pakar kelirumologi, pernah membuktikan kekuatan sebuah kata yang disebut “diam!” pada sebuah seminar, begitu tiba gilirannya tampil, Jaya datang, duduk, alalu diam ngejublek selama beberapa menit (tentu dengan mimiknya yang segar dan lucu). Kontan saja, beberapa saat setelahnya para peserta seminar itu tertawa menggelegar.

    Ternyata diam itu merupakan kekuatan manusia dan alam semesta yang luar biasa. rangkaian peribahasa tua relevan dengan kekuatan hakiki keadaan diam bisa disebutkan, mulai dari; air tenang menghanyutkan, tong kosong nyaring bunyinya, sampai air beriak tanda tak dalam. Kalau kata orang seberang; silence is golden!

    Raja-raja zaman dulu, misalnya Airlangga, setelah turun takhta, terus mencari “puncak kekuasaan” dirinya (baca: kekuatan hakiki), dengan cara mencari “diam”, dengan bertapa untuk mengundurkan diri dari keramaian. Namanya menjadi Resi Genthayu, sampai ia meninggal tahun 1094 lalu dimakamkan di Tirtha. Istilah yang pernah dilontarkan Pak Harto sebelum lengser – madheg pandito! Sayang, dia tak sempat menjalankannya seperti Airlangga.

    Unfortunately, “raja-raja zaman modern” dan paska modern ini malah tak bisa “diam”, tak paham ilmu diam. Itu juga banyak terjadi di negeri kita yang modern ini (Maaf, tak perlu menyebutkan nama). Tak paham ilmu diam, bisa berarti tak tahu kapan harus berhenti dan mundur. Bisa juga berarti lebih suka bicara daripada mendengar, seolah tak mau tahu kodrat asali karunia organ manusia yang terkomposisikan dalam “satu mulut dua telinga”.

    Uraian dan ilustrasi ini semoga bisa mengirim sinyal halus ke hati nurani kita, bahwa kadang kita harus diam di hadapan-Nya. Itu yang selama ini sulit kita lakukan. Bahkan ketika kita berdoa dan bersimpuh di hadapan-Nya, sejuta pikiran kita, nafsu kita, harapan kita, mimpi kita, terhamburkan keluar melalui mulut kita atau cuma dalam dada. Kita sibuk dengan diri kita dengan sejuta keresahan, permintaan, dan seterusnya. Kita sulit diam di hadapan-Nya.

    Tatkala kita banyak bicara di depan Tuhan, maka Dia akan jadi Sang Pendiam! Padahal, jika kita dengan rendah hati dan ikhlas mau diam di hadapan-Nya, setidaknya ada dua hal yang akan menjadi berkah: (1) kita justru akan bisa mendengarkan “suara-Nya”, apa kehendak-Nya, rencana-Nya terhadap kita, dan (2) kita bisa duduk berhadapan dengan-Nya dalam keadaan sama-sama diam. Ketika diam kita dan diam-Nya bertemu, kita akan bertatapan muka satu sama lain. Kita menatap Dia, dan Sang Pendiam itu menatap kita! Bukankah ini sebuah kebahagiaan tiada tara bagi kita manusia yang rendah dan hina ini? karunia terbesar yang ingin kita nikmati setiap detik dalam hidup? Itulah rahasia kekuatan sebuah “diam!”

    Dikutip dari Buku: Hidup tanpa Judul oleh Herry Tjahyono (dengan beberapa pengeditan)

    Prinsip Sinergi Otak

    ClipBila Anda hanya mengandalkan salah satu sisi otak dan melalaikan sisi lainnya, berarti Anda mengurang potensi keseluruhan otak secara drastis.

    Kita telah terbiasa berpikir bahwa proses pikir kita diatur dalam prinsip matematis penambahan sederhana, di mana setiap kali kita menambah satu data tunggal baru atau pikiran baru ke dalam otak, kita hanya menambah satu bahan ke gudang penyimpanan.

    Tetapi di pertengahan kedua dari abad ke-20, kita menemukan bahwa keadaannya tidaklah seperti itu. Melainkan otak bekerja secara sinergis! Di dalam sebuah sistem sinergis, keseluruhan adalah lebih besar daripada bagian-bagiannya. Dengan kata lain 1 + 1 akan setara lebih dari 2. Dalam sistem seperti ini, kata “lebih” tidak akan ada batasnya.

    Mengapa Bisa Demikian?

    Satu contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, yaitu melamun. Ketika kita melamun (setiap orang melakukannya setiap hari) kita bukan saja terlibat dalam prilaku berpikir yang aditif, tetapi juga pemikiran yang menggandakan dan sinergis.

    141805Studi terbaru berhasil mengetahui bagaimana ingatan jangka panjang bisa terbentuk. Peneliti berharap penemuan itu bisa membantu ilmuwan mengembangkan cara perawatan berhubungan dengan ingatan.

    Studi itu dilakukan oleh peneliti di Wake Forest University School of Medicine.

    “Meskipun sudah diketahui ingatan terbentuk dari pengalaman berulang, tapi tidak banyak yang diketahui bagaimana ingatan terbentuk hanya dengan satu paparan,” kata Ashok Hegde Ph.D, ketua penelitian itu.

    Ilmuwan sudah tahu orang cenderung mengingat secara tajam peristiwa yang membahagiakan maupun yang sedih karena hubungan emosional. Emosi yang ekstrim akan melepas zat kimia ke otak disebut norepinephrine yang berhubungan dengan adrenaline. Zat norepinephrine ini dalam satu hal membuat ingatan lebih panjang.

    Sebagai contoh, orang akan cepat ingat peristiwa serangan teroris. Karena peristiwa itu merupakan tragedi.

    Namun studi yang dilakukan oleh Hegde dan koleganya mencari tahu bagaimaan kerja norepinephrine. Tim mencari tahu apakah zat itu membantu tikus betina mengingat bau pasangan jantannya hanya dalam satu kali kawin.

    Studi itu mendapati, sirkuit syaraf mengaktifkan olfactory bulb, tempat ingatan bau jantannya disimpan. Peneliti mendapati norepinephrine dilepas saat tikus kawin, mengaktifkan enzim yang disebut Protein Kinase C (PKC) terutama alpha isoform PKC di olfactory bulb. Enzim PKC ada di otak berbagai mamalia termasuk manusia.

    “Kenyataan PKC-alpha diaktifkan saat keluarnya norepinephrine adalah penemuan penting. Itu menjelaskan bagaimana terbentuknya ingatan yang kuat,” kata Hegde. [ito]

    Sumber: Inilah.com