“A journey of a thousand miles must begin with a single step” – Laotzu –

Saat ini kita hidup di masa dimana perubahan besar terus terjadi. Baru kemarin rasanya kita mendengar istilah GSM, CDMA. dan sekarang telah muncul 3G. Teknologi dan pengetahuan terus berkembang pesat, kebutuhan manusiapun berkembang semakin kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan manusia yang menjadikan pembelajaran sebagai mekanisme untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Pengembangan fleksibilitas dan pencarian perusahaan sebagai organisasi pembelajaran akan membantu kita belajar melalui kehidupan kita sendiri.

Pengembangan Fleksibilitas

Telah disebutkan diatas bahwa pembelajaran seumur hidup memerlukan fleksibilitas, sebuah sikap yang mengajari bagaimana mengatasi tantangan perubahan, baik itu di kampus maupun di dunia kerja. Fleksibilitas akan membantu kita untuk mampu melakukan hal-hal sbb:

  • Merespon perubahan dengan antisipasi, bukan dengan ketakutan
  • Dapat mengatur kehidupan kita sendiri
  • Melihat diri sendiri sebagai bagian dari suatu perubahan yang besar
  • Menerima bahwa kita mungkin akan mengganti pekerjaan beberapa kali dalam hidup kita
  • Menerima bahwa pengaruh ekonomi akan membuat kita terpaksa berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain
  • Organisasi Sebagai Media Pembelajaran

    Carilah kesempatan yang baik bagi kita selepas lulus kuliah untuk menjadi bagian dari organisasi perusahaan yang sangat menyadari pentingnya kebutuhan pembelajaran seumur hidup. Organisasi perusahaan seperti ini biasanya sangat dinamis, sangat menyukai perubahan, dan menyediakan lingkungan untuk setiap individu untuk berimprovisasi terhadap sesuatu yang baru. Organisasi seperti ini akan memfasilitasi kita untuk mampu menguasai perubahan dan menjadi pembelajar yang fleksibel. Hal ini akan membuat kita dapat mengubah fokus dari apa yang kita pelajari menjadi bagaimana kita mempelajarinya.

    Kita dapat mencari kesempatan ini dari awal dengan magang di perusahaan yang memiliki kaitan bidang studi kuliah kita. Kita akan merasakan perbedaan besar antara dunia perkuliahan dan dunia kerja. Lambat laun, kita akan dapat menyesuaikan diri, sehingga hal ini akan mempermudah kita mengatasi perubahan yang akan kita rasakan setelah lulus kuliah.

    Menjadi Pembelajar Strategis

    Pembelajar strategis berarti kita mempelajari sesuatu secara fokus dan mampu belajar di setiap situasi untuk membantu kita mencapai tujuan. Berpikir strategis tidak berarti kita harus belajar sesuai dengan mata kuliah yang diambil, tetapi mempelajari terus menerus apa yang kita inginkan untuk pelajari dan membuat perencanaan matang tentang apa yang kita pelajari, sehingga kemampuan kita akan terasah seiring berjalannya waktu. Cara belajar seperti ini akan meningkatkan kesuksesan kita di bidang kuliah dan karir.

    Pengembangan Kemampuan dan Sikap Strategis

    Kemauan dan Kesadaran Diri untuk belajar

  • Hargai kemampuan belajar kita dan lihat pengaruhnya pada kesuksesan hidup kita
  • Miliki penghargaan terhadap diri sendiri dan keyakinan diri untuk terus belajar efektif
  • Analisis cara belajar kita, dengan cara ini kita akan menemukan kelebihan kita, sekaligus mampu membantu kita untuk mengurangi kelemahan kita yang ada saat ini
  • Kemampuan untuk Menyelesaikan Tujuan Studi Anda

  • Kembangkan berpikir strategis dan efektif untuk diaplikasikan dalam kuliah kita
  • Sadari bahwa berpikir kritis adalah dasar dari belajar efektif
  • Terima masukan dari pihak lain
  • Gunakan teknologi untuk membantu perkuliahan kita
  • Tahu cara mempersiapkan ujian secara efektif
  • Pengaturan Diri Sendiri

    Untuk terus memantau dan mengatur proses pembelajaran bagi diri sendiri dapat dilakukan dengan cara-cara sbb:

  • Mendefinisikan dengan spesifik tujuan jangka pendek dan jangka panjang kita
  • Evaluasi cara belajar kita terhadap tujuan akhir yang hendak dicapai
  • Persiapan Diri untuk Siap Belajar

    Tumbuhkan Motivasi

    Motivasi adalah kunci untuk mencapai tujuan. Ini memerlukan energi yang tidak pernah habis untuk membantu kita mencpai cita-cita. Bagaimanakah cara untuk membangun motivasi atau membangkitkan kembali motivasi kita ?

  • Luangkan waktu kita untuk merefleksikan apa tujuan hidup yang sangat bermakna bagi kita
  • Buatlah keputusan untuk mengambil satu langkah kedepan menggapai tujuan kita
  • Evaluasi dan selesaikan hambatan apa saja yang mempengaruhi kita
  • Lakukan dan terus lakukan lagi
  • Contohnya, ketika kita harus mengulang suatu mata kuliah yang kita pernah gagal sebelumnya, tentu kita harus menyiapkan strategi khusus untuk menghadapinya. Yang pertama, kita harus berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan mengikuti kuliah itu terus dengan rajin dan serius. Yang kedua, kita harus menuliskan komitmen yang kita inginkan di catatan harian kita.

    Terakhir, kita harus berjanji untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri bila kita lulus mata kuliah ini dengan nilai minimal B. Motivasi kita harus berpusat pada tujuan pengembangan diri menjadi lebih baik, terus meyakini bahwa lulus mata kuliah ini sangat penting bagi kita untuk meneruskan perkuliahan dan mata kuliah yang kita pelajari ini pasti akan berguna setelah kita lulus kuliah nanti.

    Tetapkan Komitmen

    Komitmen akan membuat kita lebih fokus pada tujuan yang akan kita capai. Bila kita menghargai komitmen yang kita buat, maka kita akan membuktikan pada diri kita sendiri dan orang lain bahwa tujuan kita dapat dipercaya. Bagaimana cara untuk membuat dan menjaga komitmen ?

  • Tetapkan komitmen kita secara spesifik dan konkret
  • Mulai sekarang juga dan catat hasil kemajuan kita
  • Perbaharui komitmen kita secara teratur
  • Tetap jaga komitmen kita di jalur yang benar
  • Contohnya, kita akan membuat komitmen : “Saya akan latihan presentasi setiap setengah jam sebelum saya tidur.”  Setelah dua minggu, coba kita evaluasi dampak positif apa yang kita rasakan pada kemampuan presentasi kita sekarang. Kita bisa mendapat dorongan semangat dengan meminta saran kepada teman untuk membantu mengevaluasi kemajuan kita.

    Menetapkan dan menjaga komitmen akan membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan kita. Oleh karena itu, tetapkanlah komitmen kita mulai dari sekarang.

    Bertanggungjawab

    Bertanggungjawab berarti bebas memilih respon apa yang kita kehendaki, walaupun kita tidak dapat bebas memilih konsekuensi yang diambil dari respon kita. Bertanggungjawab jelas memiliki keuntungan, kita akan mendapat kesan yang baik dari orang lain. Ini berarti kita menghasilkan kepercayaan orang lain kepada kita dan ini akan menghasilkan hubungan yang baik yang berdampak pada kesuksesan. Akan menjadi sangat penting untuk membuktikan tanggungjawab yang diberikan dibandingkan hanya mengumbar janji belaka.

  • Menghargai Diri SendiriPrinsip yang kuat akan mengantarkan kita pada pertengahan jalan menuju sukses, sisanya tergantung dari seberapa besar kita mampu untuk menghargai diri sendiri. Untuk itu, diperlukan sikap berpikir positif dan berani bertindak.

    Berpikir Positif

    Kita sesungguhnya memiliki kebebasan memilih reaksi terhadap segala sesuatu yang terjadi atas diri kita. Oleh karena itu, berpikir positiflah terhadap segala sesuatu yang terjadi. Yakinlah bahwa Tuhan selalu memberi yang terbaik bagi kita.

    Berikut ini adalah cara untuk membantu kita untuk berpikir positif :

    1. Hentikan pikiran negatif dan ganti dengan perkataan positif, contohnya bila kita berpikir, “Saya tidak akan dapat menyelesaikannya,” hentikan dan segera berkata pada diri sendiri,” Saya dapat menyelesaikannya dengan baik.”2. Ubah kalimat kita menjadi kalimat yang mengandung pikiran positif.  “Saya sebaiknya” menjadi “saya memilih untuk”.  “Saya akan mencoba” menjadi “saya akan”, kalimat semacam ini akan membuat kita lebih yakin dalam bertindak.

    3. Catat setiap kesuksesan yang kita raih. Walaupun kita merasa belum melakukan yang terbaik, tetap hargai diri kita dengan langkah yang positif. Ini akan membantu kita menghargai dan mensyukuri kesuksesan yang kita raih, sekecil apapun itu.

    Berani Bertindak

    Pikiran positif akan sangat berbahaya bila tidak diimbangi dengan tindakan yang nyata. Hanya berpikir positif akan menenggelamkan kita pada kesuksesan semu dan kita akan larut pada bayang-bayang dunia khayalan kita sendiri. Oleh karena itu, bangkitlah, sirami pikiran positif kita dengan tindakan yang nyata, biarkan pikiran positif kita berkembang menjadi sebuah langkah nyata menuju kesuksesan sejati.

    Berikut ini merupakan tips untuk membuat kita senantiasa bergerak dan bertindak :

  • Buat perencanaan tindakan
  • Bangun norma disiplin Anda sendiri
  • Hargai setiap langkah yang kita ambilProses ini tidak mudah, tapi dengan ini semua, kita akan selangkah lebih dekat dengan tujuan kita.
  • Membuat pilihan untuk mempercayai diri sendiri dan berani bertindak akan menguatkan keyakinan yang kita milki saat ini. Usaha ini akan mempermudah kita untuk membangun hubungan dengan beragam manusia yang akan memperbesar bagian dari dunia kita.

  • Membangun Kemampuan KerjasamaCobalah lihat usaha yang kita lakukan dari awal, hampir sebagian besar usaha itu membutuhkan peran serta dari orang lain. Ini menunjukkan kesuksesan itu juga bergantung pada kemampuan kita untuk membangun kerjasama dengan tim; baik itu untuk berkomunikasi, berbagi tugas, maupun menetapkan visi bersama.

    Tim mengumpulkan kekuatan dari perbedaan yang dimiliki setiap anggota tim. Faktanya, perbedaan adalah aset bagi sebuah tim, karena semakin besar perbedaan yang dimiliki oleh anggota tim, maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan beragam pemikiran baru, dan juga meningkatkan usaha pemecahan masalah.

    Berikut ini adalah strategi untuk memaksimalkan potensi tim kita :

  • Saling bersikap terbuka terhadap setiap pendapat yang muncul
  • Bersikap asertiflah pada saat bertukar pemikiran dan pendapat
  • Terima setiap informasi dan pemikiran yang ditawarkan
  • Kenali diri kita, pilih kontibusi untuk tim kita yang sesuai dengan kelebihan kita
  • Evaluasi setiap pemikiran yang ada berdasarkan situasi yang terjadi, bukan berdasarkan orang yang memiliki pemikiran.
  • Perbedaan adalah tema umum yang berkaitan erat dengan setiap bagian dari hidup kita, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, fokus pada perbedaan adalah salah satu kekuatan untuk membuat kita mampu berubah dari waktu ke waktu.

    Merangkul Perubahan

    Perubahan terus berlangsung dari waktu ke waktu, dan tidak ada cara untuk menghentikan perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah bijak untuk merangkul perubahan itu dengan kesadaran diri dan bertindak aktif, dengan penuh kesadaran akan pilihan yang diambil untuk mengatasi perubahan yang datang ke arah kita.

    Menjadi agen perubahan berarti waspada terhadap tiap perubahan, menyesuikan diri terhadap perubahan itu, bahkan waspada akan perubahan pada diri kita sendiri. Setiap pilihan akan mempengaruhi jalan hidup kita, oleh karena itu, lakukan yang terbaik dengan pilihan yang kita buat.

    “Biarkan kemampuanmu untuk berubah tetap menjagamu dalam perkuliahan dan di dunia karirmu nanti. Ingatlah, sebagai pembelajar seumur hidup, Anda berada dalam tuntutan masa sekarang dan masa depanmu. Buatlah yang terbaik.”

    Referensi: direktorat pendidikan Institut Teknologi Bandung ; Carol, Carter dkk. Keys to College Studying : Lifelong Learning.

    Source: semangatbelajar.com

    About these ads